Hai Sobat Katafina.com! Bagi para pecinta kuliner, rasanya belum lengkap jika belum mencoba hidangan berkuah santan. Kuah santan memiliki rasa khas yang gurih dan lezat, cocok untuk disantap di berbagai kesempatan. Nah, kali ini kami akan memberikan rekomendasi kuliner berkuah santan yang wajib kamu coba. Yuk, simak artikel berikut ini!

1. Gulai Kambing

Dilansir dari website Ayo Puan, gulai kambing adalah hidangan berkuah santan yang terkenal di Indonesia. Rasanya yang gurih dan pedas membuat hidangan ini banyak digemari oleh para pecinta kuliner. Salah satu tempat yang menyajikan gulai kambing yang enak adalah Warung Pak Kumis di Bandung. Hidangan ini disajikan dengan daging kambing yang empuk dan kuah santan yang kental. Selain itu, gulai kambing juga sering disajikan di acara-acara pernikahan atau selamatan.

2. Soto Banjar

Soto Banjar merupakan hidangan khas Kalimantan Selatan yang berkuah santan. Hidangan ini terbuat dari daging ayam yang dimasak dengan rempah-rempah khas Banjar dan santan. Rasanya yang kaya akan rempah membuat hidangan ini menjadi sangat nikmat. Salah satu tempat yang menyajikan Soto Banjar yang lezat adalah di Rumah Makan Sinar Baru di Banjarmasin. Selain Soto Banjar, Rumah Makan Sinar Baru juga menyajikan hidangan khas Banjar lainnya yang tidak kalah enak.

3. Laksa

Laksa adalah hidangan berkuah santan yang terkenal di Malaysia dan Singapura. Namun, di Indonesia juga terdapat varian laksa yang tidak kalah lezat. Laksa adalah hidangan berkuah santan yang terbuat dari mie beras dan daging ayam atau udang. Hidangan ini biasanya disajikan dengan telur rebus, irisan bawang merah, dan perasan jeruk nipis. Salah satu tempat yang menyajikan laksa yang enak adalah di Warung Laksa Bangka di Jakarta.

Baca Juga :  Kenali 4 Vitamin Berguna Menjaga Daya Tahan Tubuh

4. Sayur Lodeh

Sayur Lodeh adalah hidangan berkuah santan yang terkenal di Indonesia. Hidangan ini terbuat dari sayuran seperti nangka muda, kacang panjang, labu siam, dan tahu yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah. Sayur lodeh biasanya disajikan dengan nasi putih dan sambal terasi. Salah satu tempat yang menyajikan sayur lodeh yang lezat adalah di Warung Tahu Telor Pak Sabar di Surabaya.

5. Rawon

Rawon adalah hidangan khas Jawa Timur yang berkuah santan. Hidangan ini terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan rempah-rempah seperti kluwek, bawang merah, dan jahe. Kuahnya yang hitam pekat membuat hidangan ini terlihat sangat menggugah selera. Rawon biasanya disajikan dengan nasi putih, tauge, dan kerupuk. Salah satu tempat yang menyajikan rawon yang enak adalah di Rumah Makan Rawon Setan Bu Kris di Surabaya. Hidangan ini dijamin akan memanjakan lidah kamu yang doyan makanan berkuah santan.

6. Rendang

Rendang adalah hidangan khas Sumatera Barat yang berkuah santan. Hidangan ini terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan rempah-rempah khas Minangkabau dan santan. Kuahnya yang kental dan daging yang empuk membuat hidangan ini sangat terkenal di Indonesia bahkan hingga ke mancanegara. Salah satu tempat yang menyajikan rendang yang enak adalah di Restoran Sederhana di Padang. Rendang ini disajikan dengan nasi putih, ketupat, atau lemang.

7. Gado-gado

Gado-gado adalah hidangan khas Indonesia yang berkuah santan. Hidangan ini terbuat dari sayuran seperti kacang panjang, tauge, kol, dan kangkung yang disiram dengan kuah kacang yang dicampur dengan santan. Hidangan ini biasanya disajikan dengan telur rebus, tahu goreng, dan kerupuk. Salah satu tempat yang menyajikan gado-gado yang enak adalah di Warung Gado-gado Cemara di Jakarta.

Baca Juga :  Inilah Cara Membuat Ayam Krispi yang Menggoda Selera

8. Sate Padang

Sate Padang adalah hidangan berkuah santan yang terkenal di Sumatera Barat. Hidangan ini terbuat dari daging sapi atau ayam yang ditusuk dengan bambu dan dipanggang kemudian disiram dengan kuah kacang yang dicampur dengan santan. Kuah kacangnya yang kental dan beraroma rempah membuat hidangan ini sangat nikmat. Salah satu tempat yang menyajikan sate Padang yang enak adalah di Sate Mak Syukur di Padang.

Kesimpulan

Itulah beberapa rekomendasi kuliner berkuah santan yang wajib kamu coba. Semua hidangan tersebut memiliki rasa yang khas dan sangat lezat. Jangan lupa untuk mencicipi hidangan-hidangan tersebut ketika kamu berkunjung ke daerah asalnya. Jangan lupa kunjungi website Fakta Saja dan sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!