Pengusaha yang telah melakukan studi kelayakan bisnis belum tentu usahanya akan berhasil dengan baik. Oleh sebab itu, Jasa Pembuatan Studi Kelayakan Surabaya hadir untuk membantu proses studi kelayakan bisnis dengan benar.

Banyak hal yang mampu menyebabkan studi kelayakan menjadi tidak akurat atau valid. Misalnya, perhitungan hingga ketidakmampuan mengendalikan faktor tertentu karena keadaan yang kurang stabil.

Padahal, salah satu tujuan melakukan studi kelayakan adalah memperkirakan risiko yang muncul dalam menjalankan usaha. Maka dari itu, Anda perlu memperhatikan apa saja hal yang menyebabkan kesalahan dalam studi kelayakan bisnis.

Secara umum, berikut ini beberapa faktor yang bisa mengakibatkan studi kelayakan menjadi tidak valid. Simak pembahasannya hingga selesai, ya!

Data dan Informasi yang Kurang Lengkap

Jika pengusaha tidak bisa memperoleh data, informasinya kurang lengkap, bahkan data yang tersedia tidak terpercaya. Maka hal tersebut bisa memicu adanya kesalahan dalam menyusun studi kelayakan bisnis.

Oleh sebab itu, ketika akan memulai melakukan studi kelayakan, ada baiknya jika data dan informasi terkumpul melalui sumber yang ada dan mampu dipertanggungjawabkan kebenarannya.

 

Ketidaktelitian Tim

Pengusaha memang harus mempunyai tim studi kelayakan yang kompeten atau ahli di bidangnya. Hal ini bertujuan agar dalam menangani dokumen penting, tidak akan akan terjadi kesalahan.

Perlu Anda ketahui bahwa ketelitian menjadi faktor penting dalam studi kelayakan. Jika terdapat kecerobohan sekecil apapun, maka pengaruhnya akan sangat fatal terhadap hasil studi kelayakan.

 

Perhitungan yang Salah

Sudah bukan rahasia lagi jika perhitungan yang kurang tepat bisa mengakibatkan kegagalan studi kelayakan bisnis. Tentunya, hal ini akan berpengaruh pada keputusan yang mengarah pada kerugian bisnis.

Maka dari itu, sebagai seorang pengusaha, Anda perlu menyiapkan tenaga yang handal dalam bidangnya. Apalagi jika Anda merupakan pemula dalam bidang bisnis.

Baca Juga :  Berikut ini Beberapa Negeri dengan Wisata Murah di Asia

 

Pelaksaan yang Salah

Setelah ada rencana yang matang dari hasil diskusi tim. Pelaksaanan studi kelayakan di lapangan menjadi faktor yang sangat penting. Hal ini karena lapangan memiliki keadaan nyata yang bisa mengancam bisnis Anda

Oleh karena itu, dalam tahap ini, apabila pengusaha kurang jeli melaksanakannya. Sangat mungkin jika bisnis akan berjalan dengan tidak optimal di masa depan.

 

Keadaan Lingkungan

Jika Anda tidak dapat mengendalikan faktor lingkungan ekternal maupun internal dengan sempurna, Anda akan mengalami kesulitan dalam memperkirakan kemungkinan yang terjadi. Bahkan, Anda akan sulit membaca pengaruhnya terhadap pelaksanaan studi kelayakan bisnis.

Jadi, meskipun Anda telah melakukannya dengan tepat dan sesuaia dengan lingkungan tersebut, Anda perlu memahami jika lingkungan bisa mengalami perubahan. Keadaan inilah yang bisa berpengaruh pada hasil studi kelayakan.

Biasanya, perubahan terjadi pada lingkungan ekternal seperti ekonomi, politik, perilaku masyarakat, atau bencana alam.

 

Adanya Unsur Kesengajaan

Pastinya, unsur kesengajaan ini menjadi hal yang fatal bagi studi kelayakan bisnis. Dalam hal ini, peneliti secara sengaja membuat kesalahan sehingga tidak sesuai dengan keadaan sebenarnya. Perbuatan ini merupakan perilaku tercela dari pelaksana lapangan sehingga bisnis bisa gagal di kemudian hari.

Setelah mengetahui penyebab kesalahan dalam studi kelayakan bisnis di atas. Semoga Anda bisa menghindarinya sehingga bisnis bisa berjalan dengan lancar.

 

grapadi konsultan group

Agar pembuatan studi kelayakan bisnis Anda berjalan dengan baik, Anda bisa menghubungi Grapadi Konsultan yang telah berpengalaman, handal, dan telah mendapat kepercayaan dari berbagai klien besar seperti Pertamina dan PT. PLN.

Yuk, sukseskan bisnismu bersama jasa pembuatan studi kelayakan profesional. Untuk informasi lebih lengkap, silakan kunjungi grapadikonsultan.co.id.

 

Baca Juga :  Inilah Beberapa Tips Cuci Springbed Jogja dari Grades Home Cleaning