Penyebab Benjolan di Ketiak: Apa yang Perlu Anda Ketahui?

0
Penyebab Benjolan di Ketiak: Apa yang Perlu Anda Ketahui?

Sumber: liputan6.com

Benjolan di ketiak adalah pembengkakan atau tonjolan yang terjadi di area ketiak seseorang. Benjolan ini bisa muncul karena berbagai sebab, mulai dari hal yang tidak berbahaya hingga yang memerlukan perhatian medis lebih lanjut yang dilansir dari pafibanggae.org.

Penyebab Umum Benjolan di Ketiak

Benjolan di ketiak dapat disebabkan oleh beberapa kondisi berikut:

1. Kelenjar Getah Bening yang Membengkak

Kelenjar getah bening di seluruh tubuh berperan penting dalam sistem kekebalan untuk melawan infeksi. Ketika terjadi infeksi di dekatnya, kelenjar getah bening di ketiak bisa membesar sebagai respons terhadap infeksi ini. Infeksi yang umum meliputi infeksi saluran pernapasan atas, infeksi tenggorokan, atau infeksi kulit.

2. Reaksi Terhadap Kondisi Kulit

Beberapa kondisi kulit seperti folikulitis (radang folikel rambut), hidradenitis supurativa (radang pada kelenjar keringat), atau abses kulit dapat menyebabkan benjolan di ketiak. Kondisi ini sering kali terjadi karena bakteri yang masuk ke dalam folikel rambut atau kelenjar keringat.

3. Lipoma

Lipoma adalah pertumbuhan lemak yang tidak berbahaya namun bisa menimbulkan tonjolan di bawah kulit. Lipoma biasanya terasa lunak dan dapat bergerak saat disentuh.

4. Kista Epidermal

Kista epidermal adalah kista yang berkembang dari sel-sel kulit yang terperangkap di bawah permukaan kulit. Kista ini umumnya tidak berbahaya kecuali jika terinfeksi atau tumbuh besar sehingga menimbulkan ketidaknyamanan.

5. Hiperplasia Sel Lintang

Hiperplasia sel lintang adalah kondisi di mana sel-sel kulit bertumbuh secara abnormal, biasanya sebagai respons terhadap iritasi atau trauma ringan pada kulit di area ketiak.

Faktor Risiko

Beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang untuk mengalami benjolan di ketiak antara lain:

1. Kondisi Medis yang Melemahkan Sistem Kekebalan Tubuh

Orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah lebih rentan terhadap infeksi, yang dapat menyebabkan pembengkakan kelenjar getah bening di ketiak.

Baca Juga :  Inilah Tips Cara Mengatasi Keputihan Dengan Baik

2. Kondisi Kulit yang Rentan Terhadap Infeksi

Kondisi seperti diabetes atau obesitas dapat meningkatkan risiko infeksi kulit, yang kemudian dapat menyebabkan benjolan di ketiak.

Kapan Harus Menghubungi Dokter?

Benjolan di ketiak biasanya tidak berbahaya dan akan hilang dengan sendirinya setelah penyebabnya diatasi. Namun, segera konsultasikan dengan dokter jika:

  • Benjolan terus membesar atau tidak kunjung hilang.
  • Benjolan terasa keras, tidak bergerak, atau terasa sakit.
  • Terjadi perubahan warna pada kulit di sekitar benjolan.
  • Mengalami demam, menggigil, atau gejala infeksi lainnya.

Pengobatan Benjolan di Ketiak

Pengobatan tergantung pada penyebabnya. Dokter dapat meresepkan antibiotik untuk infeksi, melakukan drainase untuk abses, atau mengangkat lipoma atau kista yang lebih besar melalui prosedur bedah.

Kesimpulan: Memahami Penyebab dan Penanganan Benjolan di Ketiak

Benjolan di ketiak bisa disebabkan oleh berbagai kondisi, mulai dari infeksi ringan hingga pertumbuhan jaringan yang lebih serius. Penting untuk mengenali gejalanya dan berkonsultasi dengan dokter untuk diagnosis yang tepat dan perawatan yang sesuai. Dengan perawatan yang tepat, kebanyakan benjolan di ketiak dapat ditangani dengan baik dan tidak menimbulkan masalah yang serius bagi kesehatan.

Sampai Jumpa di Artikel Kesehatan Selanjutnya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *