Hai, Sobat Katafina.com! Bagi pecinta masakan pedas, sambal cumi adalah salah satu hidangan yang wajib dicoba. Dengan kombinasi rasa pedas dan gurih, sambal cumi bisa menjadi pelengkap sempurna untuk hidangan apa pun. Ketahui juga tentang cara mengatasi patah tulang rusuk. Dalam artikel ini, kami akan berbagi beberapa tips dan langkah-langkah untuk membuat sambal cumi yang lezat di dapur Anda sendiri.

Bahan-Bahan yang Diperlukan

Sebelum kita masuk ke dalam proses pembuatan sambal cumi, pastikan Anda sudah menyiapkan semua bahan yang diperlukan. Berikut adalah daftar bahan yang biasanya digunakan:

  • Cumi segar atau beku (500 gram), potong sesuai selera.
  • Bawang putih (5-6 siung), cincang halus.
  • Bawang merah (4-5 siung), cincang halus.
  • Cabai merah besar (5-6 buah), iris tipis.
  • Cabai rawit (sesuai selera), iris halus.
  • Tomat (2 buah), potong dadu kecil.
  • Garam (secukupnya).
  • Gula (secukupnya).
  • Kecap manis (2 sendok makan).
  • Air jeruk limo (1 sendok makan).
  • Minyak goreng (3-4 sendok makan).

Langkah-Langkah Pembuatan Sambal Cumi

Selamat, Sobat Katafina.com! Anda sudah siap untuk memulai proses pembuatan sambal cumi yang lezat. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Memasak Cumi

Pertama-tama, panaskan minyak goreng di dalam wajan. Setelah minyak cukup panas, masukkan potongan cumi. Goreng cumi hingga berubah warna menjadi merah kecokelatan. Ini akan memakan waktu sekitar 3-5 menit. Angkat cumi dan tiriskan.

2. Membuat Bumbu Dasar

Dalam wajan yang sama, tambahkan sedikit minyak goreng jika diperlukan, lalu tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum. Kemudian tambahkan cabai merah besar dan cabai rawit. Tumis hingga cabai matang dan bumbu tercampur rata.

3. Tambahkan Tomat dan Cumi

Masukkan potongan tomat ke dalam wajan dan aduk rata dengan bumbu. Biarkan tomat menjadi sedikit lembut. Setelah itu, tambahkan cumi yang telah digoreng sebelumnya ke dalam wajan. Aduk rata semua bahan.

Baca Juga :  Tips Membuat Kue Brownies: Rahasia Lezatnya Gigitan Cokelat

4. Beri Rasa dengan Garam dan Gula

Untuk memberi rasa, tambahkan garam dan gula sesuai selera. Aduk terus makan hingga rasa bumbu meresap ke dalam cumi dan tomat.

5. Tambahkan Kecap Manis dan Air Jeruk Limo

Untuk memberi sentuhan manis dan sedikit asam, tambahkan kecap manis dan air jeruk limo ke dalam wajan. Aduk rata dan biarkan semua bahan mendidih sebentar. Cicipi rasanya dan sesuaikan jika perlu.

6. Sajikan

Sambal cumi siap disajikan! Hidangkan sambal cumi hangat sebagai pelengkap hidangan nasi putih atau nasi goreng. Anda juga dapat menambahkan irisan daun bawang sebagai hiasan jika diinginkan.

Variasi Sambal Cumi

Sambal cumi adalah hidangan yang sangat fleksibel dan dapat disesuaikan dengan selera Anda. Beberapa variasi yang mungkin Anda coba termasuk menambahkan potongan bawang bombay, paprika, atau bahkan saus tomat untuk rasa yang lebih gurih.

Penutup

Membuat sambal cumi di rumah tidak hanya menyenangkan, tetapi juga memungkinkan Anda mengontrol rasa dan pedasnya sesuai selera. Jadi, jangan ragu untuk mencoba sendiri di dapur dan nikmati lezatnya sambal cumi buatan sendiri. Selamat mencoba, Sobat Katafina.com!

Kesimpulan

Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya tentang masakan dan resep. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda yang ingin mencoba membuat sambal cumi yang lezat di rumah. Selamat memasak dan selamat menikmati hidangan Anda!

Related video of “Tips Membuat Sambal Cumi: Lezatnya Cumi Pedas untuk Anda”