Gangguan pendengaran seperti kehilangan pendengaran dapat terjadi seiring pertambahan usia dan kebanyakan terjadi pada manula. Akan tetapi gangguan pendengaran juga dapat terjadi pada bayi, anak-anak, dan orang dewasa. Tingkat dari gangguan pendengaran itu sangat bermacam-macam, ada gangguan yang tingkatnya tergolong ringan, sedang, hingga berat.

Sebagian besar jenis gangguan pendengaran memang tidak dapat disembuhkan, akan tetapi terdapat beberapa cara yang dapat meningkatkan kemampuan pendengaran seperti memasang Alat Bantu Dengar Surabaya. Selain itu terdapat juga langkah perawatatan dan pengobatan lain yang dapat membantu meningkatkan kemampuan mendengar. Terdapat beberapa tes yang dilakukan untuk mendiagnosis gannguan pendengaran, antara lain:

Pemeriksaan Fisik

Dokter akan memeriksa kondisi telinga untuk dapat mengetahui kemungkinan penyebab terjadinya gangguan pendengaran. Contohnya setelah diperiksa gangguan pendengaran tersebut trjadi karena adanya penumpukan kotoran telinga ataupun peradangan karena infeksi.

Tes Skrining

Dokter juga akan menggunakan tes bisikan, ia akan meminta anda untuk menutup telinga anda satu per satu untuk melihat kemampuan mendengar kata-kata yang dokter ucapkan dengan berbagai volume dan bagaimana anda menanggapi suara tersebut. Untuk tes srining ini akurasinya dapat dibatasi.

Tes Pendengaran Berbasis Aplikasi

Pada Tes pendengaran berbasis aplikasi dilakukan dengan menggunakan aplikasi seluler yang dapat anda gunakan sendiri pada smartphone ataupun tablet anda. Takhanya itu saja Tes ini dapat membantu anda apakah anda mengalami gangguan pendengaran atau tidak. Tes ini hanya dapat mengetahui tingkat gangguan pendengaran dari kecil hingga sedang.

Tes Garpu Tala

Garpu tala merupakan sebuah instrumen logan bercabang dua yang dapat menghasilkan suara ketika instrumen tersebut dipukul. Tes garpu tala ini adalah tes sederhana yang dapat membantu dokter untuk mendeteksi gangguan pendengaran. Dengan melakukan tes ini, dokter juga bisa mengetahui bagian telinga mana yang telah mengalami kerusakan.

Baca Juga :  Begini Cara Efektif Menghindari Investasi Bodong

Tes Audiometri

Tes audiometri dapat anda lakukan dengan menggunakan earphone dan mendengar suara ataupun kata-kata yang bisa telinga anda dengar. Suara ataupun kata-kata tersebut akan terluang sampai tingkat yang samar. Sehingga dokter akan dapat menemukan suara paling pelan mana yag dapat anda dengar.

 

Itulah beberapa tes yang dapat anda sendiri maupun yang dokter lakukan untuk mendiagnosis seberapa parah gangguan pendengaran yang terjadi. Apabila anda mengalami gangguan pendengaran yang cukup parah, anda bisa berkunjung ke AQM Hearing Center. AQM Hearing Center menyediakan alat bantu dengar terbaik yang dapat mebantu anda untuk kembali mendengar. Manfaatkan kesempatan ini untuk membantu pendengaran anda yang terganggu.