Bagi orang yang bergelut di bidang crypto currency pasti tahu apa itu koin Fantom. Tapi mungkin bagi sebagian orang mereka masih belum mengetahui tentang Fantom ini. Berikut ini adalah ulasan lengkap tentang Fantom (FTM);

Apa Itu Fantom?

Fantom (FTM)  merupakan sebuah platform atau aplikasi yang terdesentralisasi sehingga dapat menghubungkan antar penggunanya dalam bertransaksi secara P2P yang berada dalam ekosistem teknologi. Fantom ini telah didukung oleh kontrak pintar. Koin Fantom atau FTM dapat menjadi mata uang crypto yang dapat anda beli ataupun anda perdagangkan di bursa crypto sebagai salah satu investasi.

Cara Kerja Fantom

Komponen yang terdapat di dalam Fantom merupakan modul yang dapat anda koneksikan bersama oleh pengembang aplikasi desentralisasi atau dapp. Fantom menyediakan buku besar atau ledger dengan rangkaian yang lengkap untuk utilitas dan alat yang menyediakan UI yang mudah anda gunakan. Sehingga pengembang bisa mengimplementasikan aplikasi desentralisasi. Fantom yang menggunakan protokol konsensus akan dapat memberikan kenyamana dan desentralisasi sembari mendukung kecepatan transaksi dan biaya akan menjadi lebih rendah.

Sejarah Fantom

Fantom pertama kali didirikan oleh Ahn Byung Ik, seorang ilmuan komputer dari Korea Selatan, pada tahun 2018. Lalu, Ahn keluar dari Fantom pada tahun 2019 dan kepemimpinan Fantom diteruskan oleh Fantom Foundation yang berbasis di Kepulauan Cayman. Fantom Foundation itu sendiri merupakan sebuah tim yang terdiri dari 28 insinyur, ilmuan, peneliti, perancang, serta pengusaha.

Keunikan Fantom

Fanton lebih berfokus dalam mendukung pengembangan dApp yang dapat memberinya tempat khusus di dalam dunia cryptocurrency. Fantom memiliki keunikan tersendiri, yaitu sebagai sebuah ekosistem alat modular yang kaya dan semuanya itu bisa disatukan untuk berbagi informasi dan mempercepat proses pengembangan. Setiap elemen yang ada di dalam platform Fantom terlah dibuat dengan sedemikian rupa dengan mempertimbangkan desentralisasi dan interoperabilitas.

Baca Juga :  Cara Memulai Trading di Didimax yang Perlu Anda Ikuti

Fantom juga memiliki komitmen transparansi, contohnya saja kode sumber platform terdapat lisensi sember terbuka di github. Sehingga siapa saja dapat membuat blok penyusun dengan menggunakan kode Fantom dan API.

Pengamanan Jaringan Fantom

Buku besar Fantom yang bernama Lachesis memiliki 4 manfat utama.

  1. Lanchesis tidak singkron. Node tidak perlu menunggu node lainnya untuk bertindak sebelum memproses perintah. Sehingga hal itu akan menghasilkan kinerja yang baik dalam mengeksekusi dan menyelesaikan transaksi
  2. Lanchesis terdesentralisasi dan tikak punya pemimpin. Jadi tidak ad yang memankan peran istimewa dalam memvalidasi ataupun dalam mengamankan jaringan.
  3. Lanchesis menggunakan Algoritme konsenses ABFT yang khusus terancang agar dapat memberikan informasi yang andal. Sehingga Lanchesis aman.
  4. Lanchesis akan memberikan konfirmasi akhir tanpa anda harus menunggu selama 30 menit atau lebih untuk konfirmasi blokir.

 

pintu

Itu tadi adalah beberapa hal mengenai Koin Fantom yang dapat anda ketahui. Jika anda ingin memulai investasi crypto anda, anda bisa menggunakan Platform Pintu. Tunggu apa lagi! Mulai investasi Crypto menggunakan Pintu dan dapatkan keuntungan yang lebih besar. Pastinya platform ini sudah terbukti aman dan terpercaya.