Ikuti 4 Langkah Tips Mendampingi Anak Belajar di Rumah

Ikuti 4 Langkah Tips Mendampingi Anak Belajar di Rumah

Agar anak anda memiliki prestasi yang baik di sekolah, anda sebagai orang tua harus bisa memberikan perhatian yang baik dan mendukung segala hal baik yang anak anda sukai. Selain itu anda tentunya juga memerlukan perjuangan yang besar dengan mendampingi anak anda saat ia sedang belajar di rumah. Hal tersebut akan membuat anak anda merasa bahwa orangtuanya lebih perhatian kepadanya dan akan membuat tumbuh kembang anak anda menjadi lebih baik.

Anak yang mendapatkan dampingan dari orang tuanya saat sedang belajar di rumah akan bisa mendapatkan prestasi di sekolahnya. Hal tersebut berdasarkan beberapa penelitaian yang telah menunjukan hasil yang signifikan. Dengan orang tua yang mendampinginya saat belajar, anak akan dapat berfikir bahwa belajar saat di rumah itu merupakan hal yang penting agar bisa mendapatkan prestasi yang baik di sekolah.

Tips Mendampingi Anak Belajar

Sebagai orang tua, Anda bertanggung jawab untuk merawat anak-anak Anda selama proses belajar mereka. Anda harus bisa mengawasi dan melatih anak-anak Anda agar mereka menjadi individu yang lebih baik. Membantu anak belajar dengan baik akan bisa membuat anak anda memiliki prestasi yang lebih baik di sekolah. Anda dapat menggunakan beberapa tips untuk mendampingi anak-anak Anda belajar di rumah. Berikut ini tipsnya.

Sediakan Tempat Belajar yang Nyaman

Jangan lupa untuk menyediakan tempat beajar yang nyaman untuk anak anda sehingga mereka akan bisa lebih berkonsentrasi dalam belajarnya. Jangan membuat anak anda belajar di tempat yang dapat mengganggu fokus belajarnya. Misalnya saja tempat yang ramai. Pilihlah tempat belajar dengan pencahayaan yang baik dan udara yang baik agar anak Anda lebih fokus belajar. Ada berbagai tempat yang bisa anda gunakan jika anak anda bosan belajar di ruangan. Anda bisa membawnya ke tempat seperti perpustakaan atau tempat yang lebih tenang.

Sesuaikan Gaya Belajar Anak

Agar anak anda bisa belajar dengan lebih efektif, anda harus bisa mengetahui gaya belajar apa yang cocok untuk anak anda. Dengan mengetahui gaya belajar yang cocok, anda akan lebih mudah dalam mendampingi anak anda belajar. Ketahuilah bahwa Gaya belajar ada 3, berikut ini penjelasannya.

Gaya belajar visual

Gaya belajar visual membuat anak anda dapat belajar dengan mengingat apa yang ia lihat. Sehingga anda bisa membantunya belajar denngan membiarkan anak anda membaca, melakukan observasi, ataupun menggunakan gambar.

Gaya belajar auditori

Gaya belajar auditori membuat anak anda lebih mudah belajar ketika ada seseorang yang menyampaikan suatu informasi dengan cara bercerita ataupun berbicara. Sehingga anda bisa membantunya belajar dengan memperdengarkan pelajaran.

Gaya belajar kintetik

Gaya belajar kinestetik membuat anak anda lebih mudah belajar dengan melakukan praktik secara langsung, melakukan eksperimen, ataupun melakukan aktivitas fisik. Sehingga anda dapat membantunya belajar dengan menggunakan bantuan alat peraga ataupun gerak tubuh.

Buatkan Jadwal Anak

Jangan lupa untuk membuat rencana belajar ketika Anda menemani anak Anda belajar. Rencana jadwal tersebutisilah dengan watu rata-rata anak anda tahan belajar. Anda juga dapat menjadwalkan waktu istirahat untuk anak Anda saat mereka sedang belajar. Istirahat belajar tidak akan membuat anak Anda cepat bosan atau lelah. Untuk memudahkan anak anda menyerap apa yang anak anda pelajari, biarkan mereka menentukan apa yang akan mereka pelajari pada awalnya. Sesuaikan jadwal tersebut agar anak Anda terbiasa belajar di rumah bersama anda.

Maksimalkan Waktu Bersama Anak

Maksimalkan waktu Anda bersama anak sambil belajar. Bangun ikatan saat belajar agar anak Anda lebih percaya diri belajar bersama Anda. Jangan terlalu sibuk dengan ponsel Anda atau apa pun. Ajaklah anak Anda agar mereka merasa bebas untuk bertanya jika mengalami kesulitan belajar. Jangan tinggalkan anak Anda tanpa pengawasan. Jika Anda berhasil membuat anak Anda nyaman saat belajar. Belajar anak Anda juga pasti akan menjadi lebih mudah.

 

Dampingi Anak Belajar Dengan Pijar Belajar

Pembelajaran yang Anda dan anak lakukan di rumah tentuny akan lebih efektif jika anda juga memahami apa yang sedang anak anda pelajari. Terdapat berbagai aplikasi yang bisa membantu anda memahami materi pelajaran anak anda, Salah satunya adalah aplikasi pijar belajar.

Apa Itu Pijar Belajar

Pijar belajar merupakan sebuah aplikasi pembelajaran yang memiliki berbagai materi pembelajaran yang lengkap untuk membantu anak anda dalam belajar. aplikasi tersebut tidak terbatas ruang dan waktu sehingga anda bisa membuka aplikasi tersebut kapan saja dan dimana saja.

Keunggulan Pijar Belajar

Materi lengkap SD-SMP-SMA Harga terjangkau banget Start 10rb

Pijar belajar memiliki berbagai materi pembelajaran yang lengkap mulai dari SD, SMP, hingga SMA. Siswa bisa mengakses berbagai materi pelajaran tersebut dengan biaya mulai dari 10 ribu rupiah saja yang tentunya sangat terjangkau bagi kantong para siswa.

Bisa diakses laptop dan smartphone

Aplikasi pijar sekolah juga dapat para siswa akses dengan sangat mudah. Mereka bisa mengakses aplikasi tersebut melalui laptop dan smartphone milik mereka.

Terintegrasi dengan konten rumah belajar

Para siswa bisa mengakses konten dari rumah belajar tesebut dengan menggunakan aplikasi pijar belajar ini. Konten rumah belajar sendiri merupakan berisi konten-konten belajar milik kemendikbud yang bisa membantu para siswa.

 

pijar belajar

Itulah beberapa tips bagaimana mendampingi anak anda saat belajar di rumah. Perhatikan berbagai hal saat mendampingi anak belajar seperti tempat dan gaya belajar anak. Sehingga anak anda dapat belajar dengan lebih efektif dan bisa memperoleh prestasi yang maksimal.

Gunakanlah aplikasi pijar belajr untuk mendukung anda dalam mendampingi anak anda belajar di rumah. Aplikasi pijar belajar memiliki berbagai kelebihan yang bisa membantu anak anda dan anda dalam belajar di rumah. Untuk bisa mendapatkan aplikasi pijar belajar anda bisa mengunduh aplikasinya melalui playstore ataupun appstore. Tunggu apa lagi, segera download pijar belajar agar prestasi anak anda bisa meningkat!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *