Mengenal Jenis Inkontinensia Urine dan Cara Mencegahnya !

Mengenal Jenis Inkontinensia Urine dan Cara Mencegahnya !

Inkontinesia urine merupakan suatu kondisi dimana penderitanya tidak bisa mengontrol kandung kemihnya sehingga sulit untuk menahan buang air kecil. Ada banyak jenis inkontinensia urine yang perlu anda ketahui. Jenis inkontinensia urine tersebut terbagi berdasarkan penyebabnya.

Meskipun inkontinensia urine ini bukan merupakan penyakit yang berbahaya, kondisi tersebut bisa berdampak buruk terhadap kondisi psikologis dan kehidupan sosial penderitanya. Hal itu karena kebanyakan penderita akan sangat malu jika mereka tiba-tiba buang air kecil di tempat yang ramai. Tapi apa sih penyebab, jenis dan cara mencegah inkontinensia urine itu? Berikut ini adalah ulasannya.

 

Penyebab Inkontinensia Urine

Inkontinensia urine dapat terjagi karena beberapa hal, yaitu:

Infeksi saluran kemih (ISK)

Infeksi yang terjadi di dalam saluran kemih dapat mengakibatkan terjadinya inkontinensia urine

Kehamilan

Ibu hamil juga dapat mengalami inkontinensia urine. Hal itu karena rahim akan memberikan tekanan pada kandung kemih saat mengembang. Inkontinensia urine tersebut akan dapat hilang setelah melahirkan

Pengaruh obat-obatan

Terkadang ada obat-obatan tertentu yang menimbulkan efek samping inkontinensia urine pada obat diuretik dan antidepresan

Menopause

Saat mengalami menopause, otot dasar panggul akan bisa menjadi lemah sehingga menyebabkan terjadinya inkontinensia urine.

Stroke

Saat orang mengalami stroke, mereka akan kehilangan kontrol pada otot tubuhnya. Hal itu juga bisa terjadi pada otot-otot yang mengontrol sistem kemih.

 

Jenis Inkontinensia Urine

Berikut ini adalah jenis-jenis inkontinensia urine, antara lain:

  • Inkontinensia Stres. Pada jenis ini, urine akan bocor saat anda batuk, tertawa, ataupun saat melakukan aktivitas tertentu.
  • Inkontinensia Urge. Pada jenis ini, terdapat dorongan tiba-tiba dan kuat untuk buang air kecil. Lalu, urine bocor pada saat yang sama atau setelah adanya dorongan tersebut.
  • Inkontinensia Overflow. Tidak memiliki kemapuan untuk mengosongkan kandung kemih sepenuhnya dapat menyebabkan kebocoran kandung kemih.
  • Inkontinensia Total. Kodisi dimana kandung kemih tidak dapat menyimpan urine.
  • Inkontinensia Fungsional. Kondisi ini terjadi karena urine keluar saat seseorang tidak dapat ke toilet tepat waktu atau adanya masalah mobilitas.
  • Inkontinensia Campuran. Kondisi ini merupakan kombinasi dari berbagai jenis inkontinensia urine.

 

Cara Mencegah Inkontinensia Urine

Berikut ini beberapa cara untuk mencegah terjadinya inkontinensia urine:

  • menjaga berat badan anda agar tetap ideal
  • melakukan latihan otot panggul dengan melakukan senam kegel
  • membatasi konsumsi minuman yang bersifat diuretik seperti kopi dan teh.

 

Nah, itulah penyebab, jenis dan cara mencegah inkontinensia urine. Jika anda mengalami inkontinensia urine dan hal tersebut menganggu aktivitas anda, segera kunjungi dokter. Anda bisa melakukan penyesuaian gaya hidup dan perubahan pola makan atau melakukan perawatan medis tertentu agar dapat mengobati gejala inkontinensia urine anda.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *