Sebelum membahas cara memilih dan memulai bisnis franchise yang cocok untuk anda sebaiknya anda pahami dahulu, apa itu franchise ? Bisnis Franchise merupakan salah satu inovasi dalam berbisnis waralaba yang cocok sekali untuk kaum pemula. Sebab dengan konsep franchise ini anda tidak perlu memikirkan branding, produk, konsep marketing, modal, alat dan bahan serta lainnya. Semua itu akan terkonsep dengan rapi oleh pemilik franchise ini, jadi anda cukup mengcopy-paste saja untuk menjalankannya. Sehingga untuk para pemula siap untuk memulai berbisnis tanpa memerlukan waktu persiapan yang lama.

Kendati demikian ternyata konsep bisnis franchise ini tidaklah jaminan 100% jauh dari kerugian. Sesungguhnya semua bisnis itu memiliki resiko yang harus ditanggung oleh pemiliknya. Tapi janganlah anda terlalu khawatir berlebihan dalam menjalankan bisnis franchise tersebut. Mari simak tips berikut ini dalam memilih dan memulai bisnis franchise yang akan anda jalankan.

1. Pilihlah produknya yang Memiliki Demand yang tinggi dan Diminati

Sebelum membeli paket franchise yang anda inginkan, sebaiknya untuk mensurvei produk yang akan anda tawarkan tersebut memiliki peminat nantinya. Untuk apa anda memaksakan membeli paket franchise tersebut tetapi masyarakat sekitar area anda tidak terlalu membutuhkannya. Carilah produk barang atau jasa dari franchise ini yang setidaknya dibutuhkan oleh masyarakat sekitar anda agar bisnis tersebut berjalan dengan baik. Untuk itu gunakanah analisa secara sistematis daripada ego dan nafsu anda.

 

2. Sesuaikan dengan Kesukaan anda pada bidang Franchise tersebut

Selanjutnya anda harus sesuaikan dengan minat anda pada produk barang / jasa yang dipasarkan oleh franchise tersebut. Jangan sampai ketika bisnis anda telah berjalan tetapi anda ada penyesalan ditengah jalan karena tidak sesuai dengan feeling anda.

Baca Juga :  Tips Belajar Bahasa Spanyol: Mengasah Kemahiran Bahasa

Memang sebenarnya anda bisa menjalankan semua bisnis tanpa melihat kesukaan anda, tetapi biasanya bisnis seperti ini tidak akan berjalan lama. Untuk mengantisipasi hal tersebut anda baiknya untuk menyesuaikan dengan kesukaan dan minat anda.

 

3. Sesuaikan dengan Modal Anda

Dalam menjalankan franchise ini biasanya modal sudah fix atau tetap, jadi sebaiknya sesuaikan dengan budget modal anda. Janganlah terlalu memaksakan bila tidak cocok dengan modal anda untuk mendapatkan paket franchise tersebut. Apalagi anda harus berhutang untuk membeli paket franchise tersebut.

Alangkah baiknya anda tidak berspekulasi dengan berbisnis franchise ini, karena resiko kerugian di masa depan tidak ada yang mengetahuinya. Gunakanlah dari uang dingin atau uang simpanan anda yang tidak anda gunakan untuk kebutuhan sehari – hari. Bila sewaktu – waktu bisnis franchise tersebut bangkrut anda tidak merugi secara mendalam.

 

4. Kaji Ulang Proyeksi Proposal Kerjasama Franchise

Biasanya sebelum anda melakukan perjanjian dengan pemilik franchise akan dihadapkan dengan proposal modal dan proyeksi target dari bisnis tersebut. Nah sebaiknya kaji secara mendalam mulai dari modal dan target profit tersebut apakah sesuai. Janganlah percaya begitu saja dengan narasi proposal tersebut, tapi anda harus memiliki pandangan target tersebut.

Karena ini sangatlah penting dalam menghitung alokasi balik modal anda nantinya. Sebaiknya kalkulasikan target anda tidak melebihi 1 tahun (12 Bulan) dalam BEP( Break Event Point) atau balik modal tersebut. Untuk itu berhati – hatilah dalam memilih dan menghitung keseluruhan pada bisnis franchise ini.

 

5. Persiapkan Lokasi yang strategis

Dan yang takkalah pentingnya sebelum anda memulai bisnis franchise ini yaitu Lokasi yang strategis. Karena lokasi ini sangatlah mempengaruhi pada tingkat ramainya bisnis anda nantinya. Pilihlah pada area yang sering dilalui oleh orang. Walaupun anda harus merogoh kocek lebih dalam, tapi paling tidak anda membuka peluang agar bisnis franchise anda nantinya ramai akan pembeli. Buat apa menyewa tempat dengan harga murah tapi berada diarea yang sepi orang. Maka dari itu persiapkan lokasi berbisnis anda dengan cermat ya.

Baca Juga :  Inilah Rekomendasi Aplikasi Coding untuk Coding yang Efisien

 

Itulah beberapa tips memilih dan memulai bisnis franchise ini agar sukses dengan mudah. Agar usaha Franchise anda nantinya semakin mudah untuk menjalankannya, anda bisa menggunakan produk dari GOBIZ dalam sistem keuangan dan pembayaran nantinya.

bisnis franchise gobiz

Platform Gobiz ini merupakan salah satu program unggulan dari Gojek. Jadi anda tidak perlu meragukannya lagi. Sudah banyak sekali yang bermitra dengan Gobiz dalam mengembangkan bisnisnya. Tunggu apalagi segera hubungi https://gobiz.co.id/ untuk informasi lebih lanjutnya.

Semoga bermanfaat ya!